Membuat Homegroup di windows 7


Jika anda memiliki dua atau lebih PC di rumah kemudian anda ingin berbagi file antar PC anda dengan mudah dapat membuat HomeGroup pada Windows 7, dan berbagi file dan media dengan menggunakan fitur jaringan. Anda dapat berbagi foto, video dan dokumen lainnya dengan sangat mudah menggunakan fitur ini.
Untuk menggunakan fitur ini, anda harus membuat homegroup pada satu komputer dan bergabung pada komputer lainya, setelah proses selesai, anda dapat mulai berbagi file dan folder antara komputer. ada beberapa langkah untuk membuat home grup dari windows 7, berikut tutorialnya :



1. Cara Membuat Homegroup

HomeGroup thumb1 Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Pada gambar diatas klik tombol Create  Home Group dan pilih apa yang ingin anda share dengan orang lain yang akan bergabung dengan group ini.
ShareHomeGroup thumb Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Klik Next, dan Windows akan mengambil beberapa waktu untuk memproses, dan akan menampilkan password yang digunakan untuk menyambung ke jaringan Home Group.

HomeGroupPassword thumb Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Klik Finish dan Home Group telah dibuat. Sekarang di Windows 7 komputer lain dapat bergabung dengan jaringan tertentu dengan menggunakan password yang ditampilkan di langkah terakhir.

2. Cara Join Home Group

Pertama-tama, Masuk ke Network And Security Center

HomeGroup thumb2 Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Jika Home Group tersedia, klik Available to join [lihat screenshot di atas], pada langkah berikutnya  pilih apa yang anda ingin share dengan komputer lain di Home Group yang sama.

w7 share with homegroup thumb Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan password yang telah anda buat untuk dapat join ke Home Group.

HomeGroupJoined thumb Berbagi File Antar PC Menggunakan HomeGroup di Windows 7 

Anda sekarang bagian dari Home Group dan dapat mengakses file orang lain dan berbagi bersama anda dengan melalui jendela explorer disitu anda akan melihat file yang dishare.



Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya HomeGroup ini, antara lain kemudahan dalam memberikan akses dalam berbagi file, folder, dan printer, mudah dan simplelnya otomatisasi koneksi, pembatasan akses bisa dilakukan dengan mudah, dan sebagainya.



Selain itu, dengan jaeringan HomeGroup ini Anda sebagai pengguna akan merasa aman dan nyaman. Karena tidak sembarang PC bisa masuk ke dalam jaringan HomeGroup tanpa memasukkan kode yang dikeluarkan secara random oleh wizard HomeGroup. Jadi pada saat Seting HomeGroup Anda akan mendapatkan kode akses yang dibuat secara otonatis.



Adapun sistem Operasi Microsoft Windows 7 yang mendukung feature HomeGroup ini antara lain Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 7 Enterprise. Dengan demikian Anda sudah siap menjalankan HomeGroup di kantor atau di rumah Anda.



Semoga bermanfaat :)

2 komentar